Facebook SDK



 

Workshop ini dilalukan dalam rangka peningkatan kualitas dan daya saing sumber daya manusia dalam hal ini adalah lulusan dan tamatan SMK Sunan Ampel. SMK Sunan Ampel Menganti berkomitmen untuk mewujudkan hal tersebut melalui proses pembelajaran dengan menggunakan metode teaching factory. Proses pembelajaran dengan metode ini diperlukan untuk menyelaraskan kurikulum dengan dunia industri agar lulusan SMK Sunan Ampel Menganti mempunyai kompetensi dan skill yang sesuai dengan tuntutan dan kebutuhan industri. Sehingga saat lulusan SMK Sunan Ampel Menganti bekerja baik di industri milik orang lain, atau usaha milik mereka sendiri, mereka semua sudah memiliki kompetensi yang sesuai dengan tuntutan dari industri, sehingga produk yang mereka hasilkan bisa bersaing di dunia industri.

Menurut nara sumber pada workshop pengembangan teaching factory, nara sumber mangatakan kalau TEFA merupakan sebuah konsep pembelajaran yang berorientasi pada produksi dan bisnis untuk menjawab tantangan perkembangan dunia industri yang setiap hari mengalami kemajuan yang pesat yang tidak teriringi kalau masih memakai konsep pembelajaran yang lama. Sehingga lulusan SMK akan banyak menganggur karena skill mereka belum sesuai dengan tuntutan dunia industri.

Melalui pembelajaran berbasis TEFA, siswa dapat belajar dan menguasai keahlian dan keterampilan yang sesuai dengan kompetensi jurusan mereka masing masing yang dilaksanakan berdasarkan prosedur dan standar kerja dunia usaha dunia industri. Sehingga tamatan SMK Sunan Ampel Menganti bisa langsung bekerja di dunia industri dengan skill yang sudah mereka peroleh di sekolah yang sudah sesuai dengan cara kerja di dunia industri.

 Narasumber memberikan motivasi kepada guru dan siswa diajak untuk menggali kemampuan dan kratifitas di usia muda untuk menjadi pebisnis.

Narasumber memberikan berbagai contoh TEFA yang telah berhasil dilaksanakan oleh beberapa SMK yang ada hasil dari rancangan yang dilakukan. Salah satunya adalah TEFA salah satu SMK yang bergerak di bidang Teknik Kendaraan Ringan, yang pada akhirnya melahirkan sebuah TEFA yaitu bengkel yang bisa bersaing dengan bengkel-bengkel yang ada di daerah tersebut.

Dengan diselenggarakannya workshop selama dua hari ini dengan nara sumber yang sudah diakui kualitasnya dalam pelaksanaan TEFA yang sudah ada buktinya dan berhasil dilakuakn, diharapkan para guru dan peserta didik nantinya akan menjadi pribadi yang kreatif, inovatif dan mandiri serta memiliki skill dan kompetensi sesuai dengan yang diharapkan dunia usaha dan dunia industri. Tujuan TEFA SMK Sunan Ampel Menganti adalah menciptakan peserta didik yang tidak hanya bekerja di perusahaan atau di industri milik orang lain, melainkan tujuan dari TEFA SMK Sunan Ampel Menganti adalah para lulusan bisa membuka usaha mereka sendiri sehingga bisa membuka lapangan kerja untuk orang lain.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama