Facebook SDK



        Gresik, 19 – 20 Agustus 2024. SMK Pusat Keunggulan SMK Sunan Ampel Menganti Melaksanakan Kegiatan ANBK Yang  Dilaksanakan Di Ruang Lab TKJ. Kegiatan Ini Diikuti Oleh Siswa/I Kelas  XI Dari Berbagai Jurusan Yang Ada Di SMK Sunan Ampel Menganti.

        Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) telah digantikan oleh Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK). Kerap disebut Asesmen Nasional, ANBK adalah program evaluasi yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek). ANBK bertujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan dengan memotret input, proses, dan output pembelajaran di seluruh satuan pendidikan. Asesmen Nasional dilaksanakan dengan tiga instrumen, yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) Literasi dan Numerasi, Survei Karakter, dan Survei Lingkungan Belajar.

        AKM berfungsi untuk mengukur literasi membaca dan literasi matematika atau numerasi peserta didik. Sedangkan, Survei Karakter mengukur sikap, nilai, keyakinan, dan kebiasaan yang mencerminkan karakter murid. Survei Lingkungan Belajar mengukur kualitas berbagai aspek input dan proses belajar-mengajar di kelas maupun di tingkat satuan pendidikan.



        Asesmen Nasional tidak menentukan kelulusan seorang peserta didik, yang tetap menjadi kewenangan pendidik dan satuan pendidikan. Asesmen juga tidak digunakan untuk menilai peserta didik yang menjadi peserta asesmen. Hasil ANBK tidak akan memuat skor atau nilai peserta didik secara individual. Melainkan, hasil diharapkan menjadi dasar dilakukannya perbaikan pembelajaran. Program evaluasi ini diikuti oleh seluruh satuan pendidikan tingkat dasar dan menengah di Indonesia, serta program kesetaraan yang dikelola oleh Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM). 

        SMK Sunan Ampel Menganti sendiri melaksanakan ANBK pada tanggal 19-20 Agustus 2024 yang diikuti oleh kurang lebih 90 peserta didik yang dipilih secara sampling dan dibagi menjadi 3 sesi. Dalam pelaksanaanya ANBK Hari Pertama di SMK Sunan Ampel Menganti berjalan dengan lancar dan dihadiri oleh pengawas dari sekolah lain.


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama