Tugas Kepala Kompetensi Keahlian Jurusan DKV

1. Perencanaan Program Pembelajaran
  • Merencanakan program pembelajaran yang sesuai dengan kurikulum nasional dan kebutuhan industri di bidang desain komunikasi visual.
  • Menetapkan tujuan pembelajaran yang jelas dan relevan dengan perkembangan tren desain grafis dan multimedia.
2. Pengelolaan Sumber Daya Pendidikan
  • Memastikan ketersediaan dan pemeliharaan sumber daya pendidikan, seperti ruang kelas, laboratorium komputer, perangkat lunak desain, dan alat bantu lainnya.
  • Mengelola tenaga pengajar dan instruktur yang kompeten di bidang desain grafis dan komunikasi visual untuk mendukung proses belajar-mengajar yang efektif.
3. Pengawasan dan Evaluasi Pembelajaran
  • Melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan pembelajaran teori dan praktik di kelas dan laboratorium desain untuk memastikan kualitas pendidikan yang diberikan.
  • Melakukan evaluasi terhadap hasil belajar siswa untuk menilai pemahaman dan keterampilan mereka dalam bidang desain komunikasi visual.
4. Pengembangan Kurikulum dan Metode Pembelajaran
  • Mengembangkan kurikulum pembelajaran yang sesuai dengan perkembangan tren desain grafis, multimedia, dan komunikasi visual terkini.
  • Memilih dan mengimplementasikan metode pembelajaran yang interaktif dan praktis untuk meningkatkan keterampilan siswa dalam menggunakan perangkat lunak desain grafis dan mengelola proyek desain visual.
5. Penyusunan Jadwal dan Pengaturan Kegiatan Praktikum
  • Menyusun jadwal kegiatan praktikum yang memungkinkan siswa untuk mengaplikasikan teori yang dipelajari dalam konteks nyata di laboratorium desain dan multimedia.
  • Memastikan ketersediaan peralatan praktik yang diperlukan, seperti komputer, perangkat lunak desain, dan perangkat multimedia untuk kegiatan praktikum siswa.
6. Pembinaan Siswa dan Pengembangan Karakter
  • Memberikan pembinaan kepada siswa untuk mengembangkan keterampilan teknis dalam desain komunikasi visual serta sikap profesional dan kreatif dalam bidang ini.
  • Mendorong siswa untuk mengembangkan karakter yang disiplin, bertanggung jawab, dan memiliki semangat kerja tim dalam menjalankan tugas praktikum dan proyek desain.
7. Kerjasama dengan Dunia Usaha dan Industri
  • Menjalin kerjasama dengan industri kreatif, agensi desain, dan perusahaan multimedia untuk memastikan bahwa materi yang diajarkan relevan dengan kebutuhan pasar kerja.
  • Menyelenggarakan kegiatan magang untuk siswa di perusahaan desain grafis atau multimedia sebagai bagian dari pengalaman kerja nyata di industri kreatif.
8. Pengelolaan Ujian dan Penilaian Hasil Belajar
  • Menyiapkan ujian dan tugas yang sesuai untuk menilai kemampuan siswa dalam memahami dan mengaplikasikan konsep desain grafis dan komunikasi visual.
  • Melakukan penilaian secara menyeluruh, baik teori maupun praktik, untuk menentukan kelulusan dan perkembangan siswa di bidang desain komunikasi visual.
9. Pengelolaan Fasilitas dan Peralatan Praktikum
  • Mengelola fasilitas laboratorium desain dan multimedia untuk memastikan bahwa semua peralatan dan perangkat lunak yang digunakan dalam praktik berjalan dengan baik dan aman.
  • Melakukan pemeliharaan dan pembaruan perangkat keras dan perangkat lunak untuk menjaga kualitas praktik pembelajaran yang mendukung kreativitas siswa.
10. Pelaporan dan Dokumentasi Kegiatan Jurusan
  • Menyiapkan laporan kegiatan pembelajaran, evaluasi, dan pengembangan yang dilakukan di jurusan Desain Komunikasi Visual untuk keperluan evaluasi dan perencanaan.
  • Mendokumentasikan semua kegiatan dan hasil pembelajaran siswa dalam proyek desain visual untuk digunakan sebagai bahan pertimbangan dalam pengembangan program pembelajaran di masa mendatang.

Post a Comment