1. Perencanaan Program Pembelajaran
- Merencanakan program pembelajaran yang sesuai dengan kurikulum nasional dan kebutuhan industri di bidang desain komunikasi visual.
- Menetapkan tujuan pembelajaran yang jelas dan relevan dengan perkembangan tren desain grafis dan multimedia.
- Memastikan ketersediaan dan pemeliharaan sumber daya pendidikan, seperti ruang kelas, laboratorium komputer, perangkat lunak desain, dan alat bantu lainnya.
- Mengelola tenaga pengajar dan instruktur yang kompeten di bidang desain grafis dan komunikasi visual untuk mendukung proses belajar-mengajar yang efektif.
- Melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan pembelajaran teori dan praktik di kelas dan laboratorium desain untuk memastikan kualitas pendidikan yang diberikan.
- Melakukan evaluasi terhadap hasil belajar siswa untuk menilai pemahaman dan keterampilan mereka dalam bidang desain komunikasi visual.
- Mengembangkan kurikulum pembelajaran yang sesuai dengan perkembangan tren desain grafis, multimedia, dan komunikasi visual terkini.
- Memilih dan mengimplementasikan metode pembelajaran yang interaktif dan praktis untuk meningkatkan keterampilan siswa dalam menggunakan perangkat lunak desain grafis dan mengelola proyek desain visual.
- Menyusun jadwal kegiatan praktikum yang memungkinkan siswa untuk mengaplikasikan teori yang dipelajari dalam konteks nyata di laboratorium desain dan multimedia.
- Memastikan ketersediaan peralatan praktik yang diperlukan, seperti komputer, perangkat lunak desain, dan perangkat multimedia untuk kegiatan praktikum siswa.
- Memberikan pembinaan kepada siswa untuk mengembangkan keterampilan teknis dalam desain komunikasi visual serta sikap profesional dan kreatif dalam bidang ini.
- Mendorong siswa untuk mengembangkan karakter yang disiplin, bertanggung jawab, dan memiliki semangat kerja tim dalam menjalankan tugas praktikum dan proyek desain.
- Menjalin kerjasama dengan industri kreatif, agensi desain, dan perusahaan multimedia untuk memastikan bahwa materi yang diajarkan relevan dengan kebutuhan pasar kerja.
- Menyelenggarakan kegiatan magang untuk siswa di perusahaan desain grafis atau multimedia sebagai bagian dari pengalaman kerja nyata di industri kreatif.
- Menyiapkan ujian dan tugas yang sesuai untuk menilai kemampuan siswa dalam memahami dan mengaplikasikan konsep desain grafis dan komunikasi visual.
- Melakukan penilaian secara menyeluruh, baik teori maupun praktik, untuk menentukan kelulusan dan perkembangan siswa di bidang desain komunikasi visual.
- Mengelola fasilitas laboratorium desain dan multimedia untuk memastikan bahwa semua peralatan dan perangkat lunak yang digunakan dalam praktik berjalan dengan baik dan aman.
- Melakukan pemeliharaan dan pembaruan perangkat keras dan perangkat lunak untuk menjaga kualitas praktik pembelajaran yang mendukung kreativitas siswa.
- Menyiapkan laporan kegiatan pembelajaran, evaluasi, dan pengembangan yang dilakukan di jurusan Desain Komunikasi Visual untuk keperluan evaluasi dan perencanaan.
- Mendokumentasikan semua kegiatan dan hasil pembelajaran siswa dalam proyek desain visual untuk digunakan sebagai bahan pertimbangan dalam pengembangan program pembelajaran di masa mendatang.
Posting Komentar