Menganti (09/10/2020), Situasi pandemi menyebabkan aktivitas di luar rumah menjadi dibatasi. Salah satunya, kegiatan belajar dan mengajar di sekolah. Semua dilakukan serba online. Nah, tahun ini, banyak sekolah yang akan melaksanakan Penilaian Tengah Semester (PTS) secara online, Salah satunya SMK Sunan Ampel Menganti Gresik nih. Mungkin, sebagian dari kamu, ada yang udah nggak asing lagi dengan sistem ujian online kayak gini, ya. Tapi, ada juga yang baru pertama kali akan melaksanakannya.

Tentunya, ujian online dan offline memiliki beberapa perbedaan, baik dari segi persiapan dan pengerjaan. Di artikel kali ini, kakak akan memberikanmu beberapa tips yang bisa kamu lakukan saat mengerjakan ujian online di rumah nantinya. Yuk, kita simak sama-sama, ya!


1. Cek Jadwal Ujian yang Ditentukan

Pernah nggak sih kamu salah mengingat jadwal ujian? Kamu kira, hari ini ujian mata pelajaran A, eh nggak taunya malah B. Haduuhhh… Bahaya banget deh kalau udah kayak gitu. Nah, maka dari itu, selalu cek jadwal ujian yang telah diberikan, ya. Ini adalah tips pertama yang perlu kamu lakukan saat akan menghadapi ujian, baik online maupun offline.

Pastikan, kamu belajar mata pelajaran yang sesuai dengan apa yang akan diujikan esok hari. Cek juga, kapan waktu ujian dimulai dan durasi pengerjaannya. Jadi, kamu bisa mengira-ngira nih, berapa waktu yang diperlukan untuk mengerjakan setiap soalnya, supaya nggak kehabisan waktu.


2. Bangun Tepat Waktu

Selama sekolah online di rumah, pasti kamu jadi terbiasa bangun siang, deh. Hayoo… Jangan sampai, kebiasaan burukmu yang satu ini, membuat kamu jadi telat ikut ujian loh, ya. Sebelum masuk ke minggu-minggu ujian nih, yuk mulai membiasakan diri untuk nggak tidur terlalu malam. Supaya, kamu bisa bangun lebih pagi. Meskipun ujiannya dilakukan secara online, bukan berarti, kamu bisa bangun seenaknya ya, mepet sama waktu ujian dimulai.

Setidaknya, kalau kamu bangun pagi, kamu jadi bisa siap-siap dulu nih sebelum ujian dimulai. Kamu bisa sarapan terlebih dahulu, mandi, mengulang materi yang semalam kamu pelajari, bahkan menyempatkan diri untuk berolahraga agar otak jadi lebih fresh nantinya.

Bayangkan, saat ujian nanti, kamu malah bangun kesiangan. Semua jadi serba terburu-buru. Kamu nggak sempat sarapan dan siap-siap terlebih dahulu. Akibatnya, kamu jadi susah fokus, deh.


3. Pilih Tempat Ujian yang Nyaman

Meskipun ujian dilakukan di rumah, tapi kamu nggak boleh asal dalam memilih tempat ujian. Usahakan, cari tempat yang nyaman, jauh dari gangguan suara, dan mendapat pencahayaan yang baik. Dengan memilih tempat ujian yang nyaman, kamu jadi bisa lebih fokus dan berkonsentrasi saat mengerjakan soal-soal ujian nantinya.

Oh iya, sesuai namanya, ujian online pasti dilakukan menggunakan koneksi internet dong. Nah, jangan lupa juga, pilih tempat yang koneksi internetnya stabil, ya. Nanti, bukannya fokus mengerjakan soal ujian, kamu malah sibuk cari-cari jaringan internet lagi. Jaringan internet yang nggak stabil, bisa menghambat kamu dalam mengerjakan soal ujian, loh. Jangan sampai, kamu jadi kehabisan waktu dan nggak bisa mendapat hasil yang maksimal.


4. Siapkan Perlengkapan yang Dibutuhkan

Selain handphone atau laptop, kamu juga perlu menyiapkan perlengkapan lain. Misalnya seperti, charger, kertas, dan pulpen. Siapa tahu aja, ada soal yang butuh orat-oret di kertas, kan. Nah, bagi kamu yang nggak menggunakan jaringan wi-fi, jangan lupa juga untuk mengecek kuota data sebelum ujian, ya. Pastikan, kuotamu cukup selama ujian berlangsung.


5. Baca Petunjuk Ujian dengan Cermat

Siapa di antara kamu yang baru pertama kali ikut ujian online? Seperti yang udah kakak sebutkan di awal tadi, ujian online berbeda ya sistem pengerjaannya dengan ujian offline. Misalnya, dari segi cara menjawab soal pilihan ganda, jawaban seperti apa yang dikatakan valid, dan masih banyak lagi. Nah, oleh sebab itu, penting bagi kamu untuk membaca petunjuk pengerjaan soal ujian dengan cermat, ya. Eits! Ini nggak cuma berlaku bagi yang pertama akan mengikuti ujian online aja. Tapi, berlaku untuk semuanya.

Siapa tau kan, nanti di petunjuk ujiannya, jawaban yang salah diberi nilai -1. Karena kamu nggak baca petunjuk, jadi main asal aja jawabnya. Bahaya nggak tuh nanti hasilnya? Hehehe...


6. Kerjakan Soal dengan Teliti

Nah, tips yang terakhir adalah kerjakan soal dengan teliti. Ini penting banget kamu lakukan, nggak cuma saat ujian offline aja, ujian online juga perlu ketelitian dalam menjawab soal. Biasanya nih, kalau ujian online, apalagi saat soalnya pilihan ganda, kamu suka buru-buru dalam mengklik pilihan jawabannya. Bahkan, terkadang, kamu suka malas untuk mengeceknya lagi dan langsung mengumpulkannya.

Usahakan, baca soalnya dengan teliti, ya. Pilih jawaban yang menurut kamu tepat dan nggak terburu-buru. Jangan sampai salah klik loh, ya! Niat mau pilih B, eh malah keklik nya C. Terakhir, sebelum kamu mengumpulkan file jawaban ujianmu, cek kembali kalau semua soal udah terjawab dengan tepat.

Oke, itulah beberapa tips yang bisa kamu terapkan saat mengerjakan ujian online di rumah nantinya. Jangan lupa juga, persiapkan dirimu dengan belajar sungguh-sungguh, ya.

 


 

#SMKBISA

#SMKSUNANAMPELSOYOSUWESOYOSAE

#PRESTASIPENTINGJUJURYANG UTAMA

#BERSAMAKITABISA

 

 

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama